One-piece Flow (3)
Dalam pertandingan mendayung, posisi kunci yang dipegang
seseorang yang duduk di bagian belakang perahu dan berteriak “dayung, dayung,
dayung.” Dia mengordinasikan aktivitas dari semua pendayung agar mereka
mendayung dengan kecepatan yang sama. Coba ikutkan seorang pendayung ahli yang
kinerja nya melebihi semua orang yang lain, dan tebak apa yang terjadi, perahu
kehilangan kendalinya dan akhirnya melambat. Tenaga dan kecepatan yang
berlebihan dapat memperlambat perahu.
Hal serupa muncul pada setiap operasi manufaktur atau
jasa. Buatlah satu departmen menjadi sangat efisien dan hal itu dapat
menyebabkan terjadinya kelebihan persediaan dan kertas kerja berlebih di
departemen lain dan memperlambat keseluruhan proses, mengacaukan berbagai hal.
Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk mengoordinasikan aktivitas. Ketika Anda
merancang one-pice flow dalam sebuah
sel, bagaimana Anda tahu seberapa cepat sel tersebut harus berjalan? Seberapa
besar seharusnya kapasitas dari peralatannya? Berapa banyak orang yang Anda
perlukan? Jawabannya adalah waktu takt.
Takt adalah
kata dalam bahasa jerman yang artinya ritme atau meter. Takt adalah kecepatan permintaan pelanggan, kecepatan pelanggan
membeli produk. Jika kita bekerja tujuh jam dan 20 menit per hari (440 menit)
selama 20 hari dalam satu bulan dan pelanggan membeli 17600 unit per bulan,
maka Anda seharusnya membuat 880 unit perhari atau satu unit setiap 30 detik.
Dalam prose yang sebenarnya, setiap langkah dari proses seharusnya memproduksi
satu komponen setiap 30 detik. Jika memproduksi lebih cepat, mereka akan
melakukan produksi berlebih; jika melambat, mereka akan menjadi bottleneck. Takt dapat digunakan untuk
menetapkan kecepatan produksi dan memberi sinyal kepada para pekerja jika
mereka terlalu cepat atau terlalu lamban.
Aliran yang kontinu dan waktu takt paling mudah diterapkan
di operasi manufaktur dan operasi jasa yang berulang. Namun dengan kreativitas,
konsep tersebut dapat digunakan di semua oroses yang berulang di mana
lagkah-langkahnya dapat dituliskan dan pemborosan diidentifikasi dan
dihilangkan untuk menciptakan aliran yang lebih baik(lihat Bab 21). Pada akhir
dari bab ini ada contoh kasus dalam menciptakan ringkasan di fasilitas
perbaikan kapal Angkatan Laut.
Ada banyak contoh lain yang dikerjakan oleh saya
dan rekan kerja sara dalam operasi jasa, melengkapi bills of material untuk pembuatan kapal, memprose orang melalui
kantior keamanan di sebuah galangan kapal Angkatan Laut, memproses anggota baru
pada organisasi profesi, mengganti pengeluaran karyawan, memproses lamaran
pekerjaan. Dan Anda dapat memikirkan lebih banyak lagi. Tampak jelas, bahwa
lebih mudah menerapkan konsep waktu takt dan
one-piece flowpada operasi jasa yang
memiliki volume tinggi dan berulang di mana ada konsistensi dalam siklus waktu
per unit, tapi Toyota Way tidak pernah puas dengan hanya melakukan hal yang
mudah.
Referensi:
Liker, J.
(2003).The Toyota Way: 14 Management
Principles from the World’s Greatest Manufacturer. McGraw-Hill.
Komentar
Posting Komentar